Friday, 21/7/2017 | 10:36 UTC+0

PENGERTIAN CWM ATAU CLOCKWORDMOD

Bagi so yang hobi custom perangkat android sobat. CWM atau clockwork mod tentu sudah tidak asing lagi. Pada artikel tips droid ini, mari kita berbagi bersama mengenal tentang CWM pada android.
 

Pada artikel sebelumnya tips droid telah berbagi bersama tentang melakukan custom agar perangkat android sobat optimal. Mari kita mulai berbagi tentang CWM.

Apakah ClockworkMod?
 
ClockworkMod Recovery adalah recovery sekunder untuk perangkat Android yang dibuat oleh Koush. Hal ini didasarkan dari citra pemulihan eclair. Fitur termasuk backup Nandroid, adb shell, advance update.zip (ignore asserts and signature checks) , dan file browser untuk memilih update.zip. ClockworkMod juga dikenal sebagai CWM, clockwork dan CW recovery.

Tentang Android Recovery

Hampir sebagian besar perangkat android menyertakan konsol pemulihan yang pada dasarnya dalam partisi pada memori internal perangkat dan dapat dipanggil pada saat boot. Pemulihan stock hampir semua perangkat android menyediakan pilihan dasar yang memungkinkan sobat untuk mengembalikan pada setting awal pabrik / factory reset namun tidak semua dapat memulihkan sistem operasi pada ROM format zip, oleh karena itu pemulihan custom akan berguna pada saat sobat membutuhkan pemulihan sistem operasi tersebut.

Sebuah pemulihan custom pada dasarnya menggantikan pemulihan stock dengan salah satu yang memungkinkan sobat melakukan semua yang dapat sobat lakukan dengan pemulihan stock, ditambah beberapa fitur lebih banyak pilihan untuk memberi kontrol lebih banyak pada perangkat sobat. Dengan pemulihan custom, sobat dapat menginstal ROM resmi dan tidak resmi serta pembaruan lainnya termasuk aplikasi, tema, kernel menggunakan file zip, dan masih banyak lagi fitur yang disediakan.


Pengantar ClockworkMod
Recovery ClockworkMod adalah salah satu pemulihan yang paling banyak digunakan android custom yang tersedia untuk perangkat android. Ini adalah pemulihan yang dibutuhkan untuk AOKP, AOSP, CM7, CM9, CM10 dan lainnya. ClockworkMod recovery dikembangkan oleh Koushik Dutta (juga dikenal sebagai Koush – seorang developer Android ROM Manager.


Metode Install CWM

Metode 1: Rom Manager

ROM Manager adalah cara asli dan resmi untuk menginstal clockworkMod recovery dengan file .zip. Unduh “Manajer Rom” dari play store klik gambar di bawah ini.

 


Metode 2: Update.zip 


Sobat dapat menemukan dan download update.zip ini sendiri, letakkan di telepon di / sdcard / dan boot ke recovery. 

Metode 3 (beberapa model): Flash

Untuk beberapa model dengan flash atau mengunakan kernel dengan built in Clockwork ROM Kebanyakan dibuat untuk perangkat yang kompatibel termasuk kernel dengan built in CWM Dengan metode ini sobat tidak perlu file update.zip atau Manajer Rom lagi.

Boot ke ClockworkMod

Sebagai contoh pada perangkat android yang paling banyak digunakan pengguna android yaitu Samsung, sobat dapat memasukkan pemulihan dengan menyalakan perangkat sobat dan pada saat menyalakan perangkat android tekan tombol ‘Volume Down’ atau tombol ‘Volume-Up’ dan tombol ‘Power’ untuk menghidupkan perangkat, hal ini tergantung pada perangkat yang sobat gunakan, terkadang tiap perangkat berbeda cara pemanggilan recovery tersebut, terkadang ada yang harus menyertakan dengan menekan tombol ‘Home’. Untuk melihat tutorial install dan boot ke CWM.


Fitur CWM
 
1.Reboot system now
Reboot / restart perangkat android sobat
 
2.Apply update from sdcard
Hal ini dapat digunakan untuk instalasi dari setiap update resmi atau tidak resmi, ROM, kernel, tema, dll yang diinstal dalam format zip dari recovery, update.zip. File zip telah ditempatkan pada SD card (yaitu tidak dalam sub-folder). Setelah memilih opsi ini akan memunculkan konfirmasi untuk memastikan bahwa pilihan sobat benar.
 
3.Wipe data/factory reset
Pilihan ini menghapus semua data pengguna pada perangkat serta cache. Memilih opsi ini sama seperti sobat melakukan factory reset dari menu setting > privacy > factory reset. Semua aplikasi, setting dan data pada perangkat akan ter-reset seperti ketika sobat pertama kali install ROM (untuk custom ROM) atau seperti ketika sobat membeli perangkat baru (untuk stock ROM). Opsi ini tidak akan reset memory external sobat.
 
4.Wipe cache partition
Membersihkan cache partisi pada perangkat untuk menghapus semua data yang terkumpul di sana selama penggunaan / data user. Hal ini sering digunakan sebelum menginstal ROM, aplikasi baru, kernel atau mod serupa melalui recovery.
 
5.Install zip from sdcard
Opsi ini memungkinkan sobat untuk install file dengan format zip, namun tidak harus bernama update.zip dan tidak harus terletak pada root sd card. Setelah sobat pilih opsi ini maka akan muncul beberapa opsi lagi, untuk penjelasan lanjut akan tips droid jelaskan pada gambar terkait di bawah ini.
 
5.1.Apply sdcard update.zip
Ini pada dasarnya sama dengan ‘apply update from sdcard’ pilihan menu utama. 
5.2.Choose zip from sdcard
Memungkinkan sobat menginstal file zip (dengan nama apapun) dari setiap lokasi pada kartu SD sobat. File bisa untuk ROM, kernel, aplikasi, tema atau mod asalkan itu dalam flashable reocvery format zip. Ini adalah pilihan yang paling banyak digunakan untuk memasang ROM yang telah sobat download dan disalin ke kartu SD sobat. 
5.3.Toggle signature verification
Ternyata verifikasi sobat dan mematikan. Ketika verifikasi tanda aktif, sobat tidak akan dapat menginstal custom ROM yang belum ditandai oleh para pengembang (custom ROM yang tidak ditandai). Mematikan itu melompat cek verifikasi tanda dan hasil dengan instalasi. 
5.4.Toggle script asserts
Jarang digunakan pilihan ini oleh sebagian besar pengguna recovery. Ini hanya mengubah skrip untuk menegaskan script tersebut akan aktif atau nonaktif. Jika sobat tidak tahu tentang ini (tips droid tidak melakukan test pada opsi ini), yang terbaik adalah tidak untuk mengubah pilihan ini. 
5.5.+++++Go Back+++++
Membawa sobat kembali ke menu utama.
6.Backup and Restore 
Tidak perlu diragukan lagi, opsi ini merupakan salah satu fitur yang paling penting yang disediakan oleh custom recovery, fitur backup dan restore juga dikenal sebagai cadangan Nandroid yang memungkinkan sobat untuk mengambil data dan file dari seluruh memori internal telepon sobat termasuk semua partisi, dan simpan di kartu SD. Ketika sobat pilih opsi ini, maka akan muncul beberapa opsi.
6.1.Backup Data data + dbdata + cache
Membawa backup Nandroid, seperti dijelaskan di atas, baik data, dbdata dan cache. 

6.2.Restore Data

Memungkinkan sobat memulihkan cadangan diambil sebelumnya. Ketika sobat memilih opsi ini, akan menyajikan sobat dengan daftar backup yang ada dari kartu SD yang dapat sobat pilih dari untuk restorasi. 

6.3.Backup ALL

Hampir sama seperti backup data, namun opsi ini akan melakukan backup secara keseluruhan. 

6.4.Restore ALL (Be careful!)

Memulihkan data secara keseluruhan, opsi ini harap sobat perhatikan secara lebih hati-hati dalam melakukan pemulihan. 

6.4.1.Advance Restore

Tergantung dari CWM baik versi maupun perangkat. Biasa pilihan ini muncul pada ‘advance restore‘, namun terkadang muncul pada ‘restore all‘. Pilihan ini mirip dengan pilihan Restore tetapi sekali cadangan telah dipilih untuk dipulihkan, pilihan ini memungkinkan sobat untuk memilih apa bagian itu untuk mengembalikan. sobat dapat memilih untuk mengembalikan boot, sistem, data, cache dan sd-ext partisi. 

6.5.+++++Go Back+++++

Membawa sobat kembali ke menu utama.
7.Mounts and Storage
Memungkinkan sobat untuk melakukan tugas pemeliharaan pada semua partisi internal dan eksternal dari perangkat android sobat. Setelah sobat pilih opsi ini maka sobat kembali akan dihadapkan beberapa pilihan lagi.
 

7.1.Mount/unmount /system, /data, /cache, /sdcard or /sd-ext

Opsi ini memungkinkan sobat beralih antara pemasangan atau melepas partisi ini tersebut sesuai pilihan sobat. Sebagian besar pengguna tidak perlu mengubah pilihan ini. 

7.2.Format boot, system, data, cache, sdcard or sd-ext

Ini memungkinkan sobat langsung memformat salah satu partisi. Berhati-hatilah dengan pilihan ini jika sobat melakukan format pada salah satu partisi akan mengakibatkan kehilangan semua data pada perangkat android sobat, terutama boot dan partisi sistem. Memformat partisi sistem akan menghapus ROM sobat dan meninggalkan ponsel sobat tanpa sistem operasi dan jika sobat gagal partisi boot mungkin akan mengakibatkan brick pada perangkat sobat kecuali sobat mengembalikan atau flash ulang sebelum reboot perangkat sobat.

7.3.Mount USB storageMemungkinkan sobat mengaktifkan USB mode penyimpan massal untuk kartu SD sobat dari pemulihan sehingga sobat dapat terhubung ke komputer sobat melalui USB dan mentransfer file ke / dari itu tanpa harus meninggalkan pemulihan. 

7.4.+++++Go Back+++++

Membawa sobat kembali ke menu utama.

8.Advanced
Bagian ini berisi beberapa pilihan sebagian besar pengguna tidak akan membutuhkan, meskipun ini sebenarnya sering dan cukup berguna, terutama wipe Dalvik cache, yang diperlukan sebelum instalasi pada sebagian ROM.
 

8.1.Reboot Recovery

Memungkinkan sobat secara langsung dan cepat reboot dari recovery segera kembali ke recovery lagi. Ini adalah pilihan berguna untuk beberapa back-to-back instalasi yang membutuhkan perangkat untuk setidaknya satu kali booting antara mereka.

8.2.Wipe Dalvik Cache

Memungkinkan sobat untuk menghapus cache untuk mesin virtual Dalvik (custom-built virtual Java machine untuk Android). Ini diperlukan sebelum instalasi ROM sebagian dan pada kesempatan lain juga, untuk memperbaiki beberapa masalah.

8.3.Wipe Battery Stats

Menyeka statistik penggunaan baterai disimpan dan efektif recalibrates baterai. Berguna dalam berbagai skenario saat Android tidak menunjukkan tingkat baterai yang benar.

8.4.Report Error

Dalam kasus kesalahan, fitur ini dapat digunakan untuk menyimpan log  sehingga sobat dapat melakukan koreksi ketika terjadi suatu kesalahan pada operasi pemulihan ClockworkMod pada kartu SD yang nanti dapat laporan dari android menggunakan Manajer ROM.

8.5.Key Test

Memungkinkan sobat menekan salah satu tombol perangkat keras untuk melihat apakah mereka (perangkat keras) benar berfungsi, dan untuk melihat kode kunci mereka (perangkat keras).

8.6.Partition SD Card

Opsi ini memberikan sobat sebuah cara untuk partisi kartu SD sobat dengan benar untuk digunakan dengan ROM yang mendukung data2ext (sangat berguna untuk perangkat yang memiliki memori internal rendah yang memungkinkan partisi pada kartu SD untuk digunakan sebagai internal  penyimpanan data yaitu sebagai partisi / data). Setelah opsi ini dipilih, sobat akan diberikan pilihan untuk memilih ukuran untuk partisi / sd-ext serta partisi opsional / swap pada kartu SD, dan kemudian akan secara otomatis memformat untuk sobat, meninggalkan ruang yang tersisa untuk penggunaan normal kartu SD. Pilihan ini akan menghapus semua data dari kartu SD sobat jadi gunakan dengan hati-hati!

8.7.Fix Permissions

Perbaikan izin file untuk partisi memori internal kembali ke default. Hal ini sangat berguna sebagai memperbaiki beberapa kesalahan dan force close yang mulai muncul setelah aplikasi yang diinstal dan memperbaiki akses yang mengacaukan hak akses file penting.

8.8.+++++Go Back+++++

Membawa sobat kembali ke menu utama.

9.Power off
Mematikan perangkat android sobat.
 
10.+++++Go Back+++++

Membawa sobat kembali ke menu utama.

 
Beberapa yang perlu kita perhatikan sebelum melakukan install dari CWM:
•Periksa baterai, jangan terlalu rendah karena ketika sobat melakukan flash dan baterai sobat habis akan menyebabkan brick pada perangkat sobat.
•Terkadang beberapa perangkat memerlukan unlocking bootloader terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi (Stock Android Devices Only).
•Device sobat sudah dalam posisi rooting.
•Jangan lupa untuk tetap melakukan backup sebelum sobat memulai melakukan mod pada perangkat android sobat.
Bagaimana? sudah paham dengan PENGERTIAN CWM
Sumber : handheldku.blogspot.com