Garasingibad™

Info Gadget, Custom ROM, Tweak And Tutorial

Follow instagram di @Revanngibad

Kematian CyanogenMod dan apa artinya bagi Development

Kematian CyanogenMod dan apa artinya bagi Development – Tampaknya cyanogen Inc menarik supportnya kepada CyanogenMod sedikit lebih awal dari yang diharapkan. Memang sangat disayangkan kalau project cyanogenmod harus di tutup, sedangkan penggunanya semakin banyak.
Cyanogen Inc akhirnya melahirkan menyudahi nasib CyanogenMod. Setelah beberapa lama ini perusahaan tersebut dihebohkan dengan ketidak pastian nasib cyanogenMOD kedepannya, Cyaanogen baru saja mengumumkan bahwa perusahaan akan mengkonsolidasikan semua usaha mereka ke dalam program Cyanogen Modular OS yang terbaru baru.
Sebagai bagian dari konsolidasi mereka , perusahaan mengumumkan bahwa banyak karyawan mereka, termasuk cyanogen (Steve Kondik) sendiri, akan berpisah atau keluar dari perusahaan. Akhirnya, hari ini perusahaan mengumumkan bahwa semua layanan cyanogen dan dukungan build cyanogen akan dihentikan setelah 31 Desember 2016.

Baca : Xiaomi Redmi 4A sepsifikasi Gahar

Kematian CyanogenMod

Setelah cyanogen Inc mengumumkan berita tersebut di blog resmi mereka, banyak orang yang bingung dan berspekulasi apa yang benar benar terjadi pada CyanogenMod. Beberapa orang yakin bahwa tidak akan mengubah apapun tentang custom ROM favorit mereka. Tidak sedikit blog yang memberitakan salah tangkap tentang pernyataan Cyanogen Inc. Namun, tim di belakang CyanogenMod menjelaskan tentang distribusi kedepannya. Pada dasarnya, di sini adalah inti dari apa yang akan diubah :

Semua dukungan dan infrastruktur untuk CyanogenMod dari Cyanogen Inc akan berhenti. Ini termasuk pembayaran atau fee Development /pengembang yang selama ni berkontribusi membuat kode ke proyek open source. Dengan demikian, CyanogenMod tidak lagi akan menerima pembaharuan otomatis setelah tanggal 31 Desember. Tapi tunggu,bagaimana jika tim bisa menemukan host yang lain untuk membangun nightlies? Kita tunggu saja.

Tim CyanogenMod tidak akan melanjutkan pembangunan resmi pada proyek apapun. Pada dasarnya cyanogen Inc memiliki hak merek, sehingga tim CyanogenMod telah memutuskan bahwa tidak layak lagi melanjutkan pengembangan untuk distribusi open source tanpa dukungan keuangan atau infrastruktur. Walaupun nantinya cyanogenMOD bisa menemukan perusahaan baru yang bisa memberika keuangan dan dukungan penuh, para pengembang cemas karena selama ini sudah melekat nama cyanogen inc dan CyanogenMod telah tercemar karena hubungannya dengan Cyanogen, sehingga pengguna baru lebih berhati-hati untuk menginstal CyanogenMod.

Namun, kedepannya CyanogenMod akan mengubah nama menjadi LineageOS. Admin garasingibad telah mendengar hal ini dari sumber yang dapat di percaya beberapa minggu lalu,. Proyek dan nama baru merupakan Upaya yang di jalankan oleh Steve Kondik sendiri, dia berharap kedepannya nama baru tersebut bisa membuat anak turunan cyanogenMOD menjadi lebih maju. Karena kalau tidak sampai di jalankan kemungkinan ada perusahaan perusahaan atau pengembang lain yang memodifikasi cyanogenMOD.

Sebenarnya Cyanogen Inc tidak benar benar berhenti atau mati. Mereka membuat postingan sebelumnya dengan jelas, tapi memang admin sudah ragu mengenai berita dengan bermacam macam klarifikasi. Perusahaan sudah memangkas sebagian karyawan dan keuangan untuk lebih fokus pad sebuah proyek baru (program “Cyanogen Modular OS”).

Meskipun CyanogenMod resmi mati, proyek open source akan hidup terus sebagai LineageOS. Tapi apa langkah ini untuk rata-rata pengguna dan pengembang?

Masa depan Development

Memang sulit untuk mengatakan apa yang akan terjadi nantinya. Ada beberapa rencana / pandangan yang akan terjadi di masa depan:

  1. LineageOSbenar-benar akan di luncurkan, mencari dukungan dari pengembang individu signifikan yang pastinya bisa di pegang janjinya untuk terus mempertahankan LineageOS untuk perangkat mereka masing-masing. Selain itu, tim ini dapat memperoleh sumber, bisa lewat donatur, untuk menyediakan hosting dan server untuk membangun nightlies. Mengingat bahwa distribusi Android sederhana lainnya telah dapat menemukan server untuk membangun nightlies, hal ini tidak terbayangkan bukan?
  2.  LineageOSakan di luncurkan, tapi operasi akan lebih mengenakan. Mengingat skala operasi CyanogenMod’s dan memang sangat besar jumlah dana yang dikontribusikan oleh Cyanogen Inc untuk mempertahankan dukungan perangkat, mungkin sulit untuk menemukan dukungan perusahaan lain yang lebih rendah. Dalam kasus ini, banyak perangkat mungkin krisis development.
  3. LineageOS gagal untuk Tidak peduli bagaimana Anda melihatnya, ini akan menjadi sangat mengerikan bagi masyarakat yang sudah antusias. Isu-isu yang disebutkan dalam #2 akan diperparah lagi, dan banyak pengguna akan kehilangan akses ke salah satu OS yang paling stabil. Untuk pengembang, ini berarti bahwa mereka harus mencari tempat lain untuk basis yang lebih stabil. Misalnya, diakui XDA pengembang SultanXDA telah mengatakan kepada kami bahwa ia tidak akan menyentuh LineageOS jika tidak memiliki akar yang kokoh dan sebaliknya akan berubah ke AOSPA sebagai dasar. Untungnya bagi pemilik OnePlus, ini tidak akan menimbulkan masalah, tetapi untuk perangkat yang tidak memiliki basis AOSPA stabil (dan di masa depan, tidak akan memiliki basis CM stabil), sulit untuk mengatakan apa yang akan terjadi kedepannya.

Baca : Huawei Honor Magic Kamera Mantap

Semua ini adalah skenario hipotetis yang harus dijalani CyanogenMod dan Custom ROM yang dikembangkan oleh para pengembang. Apapun skenarionya, tergantung sepenuhnya pada berapa banyak dukungan LineageOS yang akan menerima dari komunitas pembangunan. Apakah atau tidak kematian CyanogenMod akan melahirkan OS baru atau palah membuat cyanogenMOD lebih di kenal banyak orang?. Jika Anda telah menggunakan custom rom CyanogenMod dimasa lalu dan ingin menunjukkan dukungan Anda, sekarang adalah waktu yang kritis untuk memastikan bahwa semangat proyek baru di dalam LineageOS.

diambil dari sumber : XDA

Jika ada link mati, segera lapor admin melalui inbox facebook di Mohamad Nasihin Ngibad

DMCA.com Protection Status © GARASINGIBAD.COM 2015-2017 Frontier Theme